REVIEW KAJIAN HUMA (1)

Alohaaaa rekan-rekan HuMa dimanapun kalian berada? Apa kabarnya nih? Kali ini HuMa mencoba berbagi kepada teman-teman semua terkait dengan beberapa resensi atau review dari beberapa publikasi baik buku, jurnal atau media lain terkait dengan isu-isu pembaharuan hukum, sumberdaya alam dan permasalahan lingkungan. Untuk lebih jelasnya, kita cek resensi dan review tentang Kertas Kebijakan Penetapan Hutan Adat di Tahun 2015. Yukkk langsung simakk ajaaa …..

 

 

Apa sih kesan pertama kalian ketika mendengar tentang Hutan Adat? Masyarakat Hukum Adat? Putusan MK Nomor 35 Tahun 2012?

 

Dua hal tadi sangat berkaitan dengan hutan adat. Lalu gimana sih perkembangan keberadaan hutan adat ketika awal putusan MK 35? Supaya lebih jelas, kalian bisa coba baca dipublikasi HuMa yang  berjudul  “Pelepasan Hutan Negara Menuju Registrasi Wilayah Adat”.  Admin  bakal  kasih  tau  kalian beberapa alasan why you need to read this policy brief :

 

Kertas kebijakan ini didasarkan pada hasil riset lapangan di 15 lokasi yang tersebar di Sumatera, Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan, lho. Juga, menyajikan data tentang perkembangan peraturan tentang hutan adat yang dikeluarkan oleh Pemerintah sejak keluarnya Putusan MK 35/2012. Selain itu, kertas kebijakan ini juga menunjukkan bahwa sejak 5 tahun terakhir, ada beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat hukum adat untuk memperoleh kembali hak atas hutan adatnya yang masih berlangsung hingga saat ini.

Tapi selain kelebihan, tentunya ada kekurangan. Beberapa kekurangan dari jurnal ini, yaitu pertama karena sudah beberapa tahun berlalu, maka beberapa peraturan perundang-undangan yang dijadikan landasan sudah tidak berlaku. Kedua, karena adanya beberapa perkembangan yang terjadi, maka beberapa data table tentang kondisi masyarakat hukum adat sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Ketiga, ada beberapa istilah yang kurang tepat.

 

Sekian resensi dan review admin minggu ini. Mau tau apa aja permasalahan yang dihadapi masyarakat hukum adat untuk memperoleh kembali hak atas hutan adatnya yang dimention sama admin di atas? Cuss langsung baca aja yuk!

 

Kertas Kebijakan Penetapan HA Tahun 2015

Resensi Kajian Kebijakan (1) HuMa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *