OPINI HUMA (MELAMPAUI DUKUNGAN PERFORMATIF)

KOLOM OPINI Edisi 11 September 2020 – Melampaui Dukungan Performatif

Naskah RUU Masyarakat Adat saat ini telah melalui proses harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsep di Baleg DPR RI. RUU tersebut siap untuk dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI untuk disahkan menjadi RUU Inisiatif DPR.

Sebagai RUU inisiatif DPR, Presiden RI nantinya akan menunjuk menteri-menteri terkait untuk membuat Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) menanggapi naskah RUU dari DPR. Pasal per pasal akan dinilai oleh pemerintah cq kementerian-kementerian terkait apakah telah sesuai dengan kepentingan masing-masing kementerian. Untuk itu, kita perlu melihat sikap kementerian sejauh ini mengenai RUU Masyarakat Adat. Selain itu, kita juga perlu tau garis besar substansi RUU Masyarakat Adat itu seperti apa. Jangan sampai dukungan yang diberikan oleh legislatif dan eksekutif ini hanya sekedar performatif saja.

Nah, seperti apakah sikap kementerian terhadap RUU Masyarakat Adat sejauh ini? lalu seperti apa garis besar pengaturan RUU Masyarakat Adat yang ada sekarang? Yukk langsung aja baca KOLOM OPINI HUMA ini. Teman-teman akan menemukan jawabannya disitu. Selamat membaca. Sampai bertemu di opini-opini berikutnya ya!

 

klik link opini huma edisi 2 dibawah ini ya..

Opini HuMa edisi 2

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *